Sabtu, 14 Juni 2008

Trail Adventure Motor

Kian hari kian banyak banyak club motor trail adventure di negeri ini, seiring berkembangnya peradaban dunia otomotif baik via tabloit ataupun media tv.Disini saya sangat prihatin atas modifikasi motor-motor kreasi anak negeri yang tidak memenuhi standar layak jalan juga dari nilai estetika maupun fungsi.
Di sini saya akan mengulas apa yang saya ketahui tentang wawasan saya di bidang motor garuk tanah dan spec motor adventure.banyak saya lihat di media otomotif di Indonesia modifikasi adventure offroad yang sangat tidak cocok .dengan kondisi alam, jalan, jenis Batuan, dan Tanah.berikut langkah modif motor yang sesuai.Sekedar berbagi ilmu mudah mudahan bermanfaat...

Bentuk Motor

Bentuk motor yang ideal adalah yang mendekati motor trial atau trail. Adapun contoh yang benar seperti. Motor BETA alp200 atau alp125.untuk di Indonesia motor ATPM yang mirip adalah LONCIN Sparta X 150.sayang motor tersebut memiliki bobot yang luar biasa berat nyaris 165 kg, metallurgy logam yang kurang baik pada rangka ( jenis besi yang getas ), dan komponen mesin yang mudah aus, jadi apabila ingin membuat motor jangan sekali2 terbesit bentuk motor SE ( Special Engine ), SE adalah motor kompetisi Circuit adapun keganjilanya adalah :
  • Swing arm terlalu panjang
  • Tidak memiliki Spul Listrik untuk konsumsi Lampu
  • Sudut rake yang sempit, sehingga menyulitkan untuk bermanufer di tempat sempit
  • Torsi yang rendahPostur / Dimensi motor yang tinggi
  • Konsumsi bensin yang boros
Mesin
Karakter mesin ideal untuk Adventure di indonesia :
a.Torsi yang besar dan ideal
b.Konsumsi bensin yang irit ( tidak terlalu boros )
c.Berat motor yang ringan / di bawah 125kg ( jangan pakai mesin berat seperti
Binter Mercy atau Suzuki Thunder 250
d.Spare part yang mudah di cari di pedesaan dan perkampungan
e.Water Resisiten / water proof -/+ 65 cm dari permukaan tanah.
f.Sistem karburasi bukan injection
g.4 langkah lebih baik
Rangka ( Frame )
Rangka yang baik harus ringgan dan kuat, banyak para pemodif tidak mempertimbangkan berat rangka hanya memperkuat saja.rangka motor umum ( GL series, thunder, scorpion Dll ) yang di modif sangat tidak layak, harus banyak yang di rubah paling mendasar :

3 komentar:

Adrian Oktavinta mengatakan...

Weleh2.. kerja di sismik jg toh. salam kenal jg. kayaknya itu motor cocok bgt buat troubleshooting, he2..

Anonim mengatakan...

Info Offroader....!!!!!

Kiprah Batalyon Infanteri Lintas Udara 330 Nagreg untuk yang kedua kalinya kembali menggelar perhelatan Trail Adventure dan Offroad dalam rangka memperingati HUT Batalyon Yonif 330 yang ke 57.

Bagi para hobbies Trail Adventure yang menginginkan tantangan berbeda berlibur di daerah pegunungan, acara YONIF LINUD 330 ADVENTURE & OFFROAD yang digelar di Nagreg, Kab. Bandung , sabtu 9 Mei 2009 bisa menjadi pilihan yang seru, menantang sekaligus meningkatkan adrenalin.

Satu hal yang menarik dan disebut-sebut bahwa perhelatan ini adalah yang terbesar setelah penyelenggaraan trail adventure tahun lalu adalah digelarnya balapan Mobil Offroad dan Rolling Thunder Harley Davidson serta Konser Musik dan berbagai acara hiburan lainnya.

Untuk kenyamanan dan kelancaran peserta dibatasi sampai 1000 peserta dengan biaya pendaftaran Rp. 175.000,00. dibuka mulai tanggal 13 April 2009

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia S.I.D.E. Promosindo Telp. (022) 70261137, Contact Person: 081.32.23.23.588

Anonim mengatakan...

SABHAWANA Night Callenger
penyelenggara MALANG CORET
7-8 November 2009
================================
Dalam rangaka HUT Kabupaten Malang kami Mengundang para Offroader/ Adventurer untuk menakhlukan medan Malang Raya..MALAM HARI
Biaya Rp. 300.000 -> real Adventure
Rute:
Etape I : Stadion Kanjuruhan Malang - Gunung Bromo (145 km)
Etape II : Gunung Bromo - Wisata Mendit (80 km)
Contact Person:
Sigit :08123308574 , 0341-8134747
Shank: 0818382705, 0341-7002745
Jacki : 081333815888, 0341-7057888